Jumat, 23 September 2011

Plastik bisa terurai? hmm..





Quote:

Plastik Bisa Terurai?
Quote:
selama ini orang orang beranggapan kalo plastik gak bisa terurai. kantong plastik, botol plastik, dan plastik plastik lainnya emang susah terurai.butuh waktu 20 - 1000 tahun untuk menguraikan satu benda ini.


Quote:
Hasil penelitian, para pengamat lingkungan sejak dahulu telah menyebutkan bahwa limbah plastik tidak dapat terurai. Hasil studi baru mengindikasikan limbah plastik ternyata dapat terurai di dalam lautan. Studi yang dilakukan oleh seorang ahli kimia Universitas Nihon, Chiba, Jepang, Katsuhiko Saido menyatakan bahwa sekumpulan limbah plastik dapat terurai di lautan.

Plastik dalam pemakaian sehari-hari diasumsikan sebagai komponen yang sangat stabil. Namun, hasil studi menyatakan bahwa sampah-sampah plastik yang berada di lautan ternyata dapat terurai,” ujar Saido dalam presentasinya di hadapan American Chemical Society.

Terurainya limbah plastik di lautan, dapat terjadi setelah plastik terkena terpaan sinar matahari, hujan, dan kondisi lingkungan lainnya secara berulang-ulang. Meskipun demikian, Saido menyatakan, sampah-sampah plastik yang telah terurai menghasilkan bahan kimia yang berpotensial menjadi racun, yakni Bisphenol A dan PS Oligomer. Bahan kimia tersebut diyakini Saido nantinya dapat mengganggu fungsi hormon pada binatang-binatang laut.

Setiap tahunnya laut menampung ribuan ton limbah plastik yang terapung di permukaan dan juga yang telah tenggelam. Sebagian dari limbah tersebut ada pula yang terseret arus hingga ke Great Pacific Garbage Patch antara California dan Hawaii. Saking banyaknya sampah yang terkumpul, area pengumpulan sampah ini bahkan dikatakan lebih besar dari wilayah Texas.
Daftar-daftar Limbah dan Lama Proses Terurainya
Quote:
1. Kulit pisang, jeruk = kurang lebih 2-5 minggu.
2. Puntung rokok = 1-5 tahun.
3. Kain nilon & jaring ikan = 30-40 tahun.
4. Berbahan kulit (sepatu, jaket, dll) = 50 tahun.
5. Kaleng alumunium = 80-100 tahun.
6. Kantong plastik = 20-1000 tahun.
7. Batu baterei = 1000 tahun.
8. Botol kaca = 1 juta tahun.
9. Botol plastik = Tidak Dapat Terurai.
Quote:
Spoiler for limbah
Spoiler for limbah
Spoiler for limbah

Spoiler for limbah


Cara Pencegahan
Quote:
  • Bersihkan dan angkat sampah-sampah dan benda-benda bekas yang diihat selama menyelam atau pergi ke pantai.
  • Biasakan untuk tidak membuang puntung rokok keluar dari kapal.
  • Kurangi pembelian produk yang menggunakan bahan plastik
  • Perhatikan segala sesuatu yang kita beli dan hindari pengemasan yang berlebihan.
  • Perbanyak fasilitas daur ulang sampah dan benda-benda bekas di daerah kita.
  • Jangan tinggalkan tali pancing, jala atau sisa sampah dari kegiatan memancing di laut.
  • Jagalah agar sampah plastik dan sampah-sampah lainnya agar tidak bertebaran di tanah dan dasar laut.
  • Pastikan saluran air/irigasi dan pantai bebas dari sampah.
Fakta Lain tentang Sampah di Laut
Spoiler for fakta
  • Pencemaran laut di dunia menyebabkan kerusakan pada lingkungan dan kehidupan bawah laut.
  • Para penyelam telah mengangkat 219.528 lbs (99.57 ton) sampah dan benda-benda bekas dari 1.000 mil luas laut – rata-rata 1 penyelam mengangkat 25 ton sampah dan benda-benda bekas.
  • Setiap menit dalam 1 hari, ada 1 juta tas plastik digunakan dan hampir 3 juta ton plastic serentak diproduksi untuk membuat botol minuman setiap tahunnya.
  • Hampir 80% pencemaran laut disebabkan oleh plastik. Di beberapa daerah di samudra, perbandingan untuk plastik dan plankton adalah 6:1 (6 banding 1).
  • Diperkirakan 46.000 potong sampah plastik mengapung di setiap 1 mil dari samudra – 70% dari sampah plastik itu di perkirakan akhirnya akan tenggelam.
  • Plastik tidak mudah untuk di uraikan. Saat sampah plastik masuk ke laut, dibutuhkan bertahun-tahun untuk di uraikan – terurai secara perlahan menjadi potongan kecil yang akhirnya menjadi debu plastik.
  • Botol aluminium membutuhkan waktu 100 tahun untuk dapat terurai dan plastik pegangan yang di pakai untuk menjual 6 kaleng bir sekaligus membutuhkan waktu 450 tahun untuk dapat terurai.
  • Botol kaca seperti botol soda membutuhkan waktu 1 juta tahun untuk terurai di alam bebas.
  • Telah dilaporkan ada lebih dari 260 jenis hewan laut di seluruh dunia yang terjerat dan memakan sisa-sisa tali pancing, jala dan sampah-sampah laut lainnya.
  • Diperkirakan 100.000 mamalia laut termasuk lumba-lumba,paus, anjing laut, dan penyu laut terancam dengan banyaknya sampah dan benda-benda bekas yang masuk ke laut tiap tahunnya. Dan 86% dari populasi penyu laut terkena dampak buruk dari pencemaran laut.
  • Lebih dari 1 juta populasi burung laut mati karena pencemaran laut setiap tahunnya



    SUMBER : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10514472

0 komentar

Posts a comment

 
© NEUBIE
Designed by Blog Thiįŗæt Kįŗæ
Back to top